Glibenclamide : Mekanisme Kerja | Indikasi | Dosis | Efek Samping

Glibenclamide merupakan obat yang berkhasiat untuk mengatur kadar gula darah (glukosa) yang berlebihan dan digunakan pada pasien diabetes tipe 2 . Pasien dengan penyakit diabetes tipe 2 biasanya tubuh tidak bisa berfungsi dengan baik untuk menyimpan glukosa berlebih yang ada di dalam aliran darah.

MEKANISME KERJA :
Glbenclamide adalah hipoglikemik oral derivat sulfonil urea yang bekerja aktif menurunkan kadar gula darah. Glibenklamida bekerja dengan merangsang sekresi insulin dari pankreas. Oleh karena itu glibenklamida hanya bermanfaat pada penderita diabetes dewasa yang pankreasnya masih mampu memproduksi insulin. Pada penggunaan per oral glibenklamida diabsorpsi sebagian secara cepat dan tersebar ke seluruh cairan ekstrasel, sebagian besar terikat dengan protein plasma. Pemberian glibenklamida dosis tunggal akan menurunkan kadar gula darah dalam 3 jam dan kadar ini dapat bertahan selama 15 jam. Glibenklamida dieksresikan bersama feses dan sebagai metabolit bersama urin.

INDIKASI :
Diabetes melitus pada orang dewasa, tanpa komplikasi yang tidak responsif dengan diet saja.

DOSIS :
Dosis awal 1 kaptab sehari sesudah makan pagi, setiap 7 hari ditingkatkan dengan 1/2 - 1 kaptab sehari sampai kontrol metabolit yang optimal tercapai.

PERINGATAN DAN PERHATIAN :
- Pada keadaan stres, terapi dilakukan harus dengan insulin.
- Hati-hati bila diberikan pada orang lanjut usia.

EFEK SAMPING :
Kadang-kadang terjadi gangguan saluran cerna seperti : mual, muntah dan nyeri epigastrik. Sakit kepala, demam, reaksi alergi pada kulit.

KONTRA INDIKASI :
Glibenklamida tidak boleh diberikan pada diabetes melitus juvenil, prekoma dan koma diabetes, gangguan fungsi ginjal dan hati, gangguan fungsi tiroid atau adrenal dan wanita hamil. Ibu menyusui.

INTERAKSI OBAT :
- Efek hipoglikemia ditingkatkan oleh alkohol, siklofosfamid, antikoagulan kumarina, inhibitor MAO, fenilbutazon, penghambat beta adrenergik, sulfonamida.
- Efek hipoglikemia diturunkan oleh adrenalin, kortikosteroid, tiazida.

CARA PENYIMPANAN :
- Simpan pada suhu kamar dan tempat kering.

RUMUS BANGUN :
:
-chloro-N-[2-[4-(cyclohexylcarbamoylsulfamoyl)
phenyl]ethyl]-2-methoxybenzamide


Sumber : Brosur obat Glibenclamide

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Glibenclamide : Mekanisme Kerja | Indikasi | Dosis | Efek Samping"

Post a Comment